KPU Berperan Penting Lahirkan Pempimpin Yang Baik

KPU Berperan Penting Lahirkan Pempimpin Yang Baik

Gubernur Bali Made Mangku Pastika menegaskan bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) memiliki andil dan peran yang sangat penting dalam upaya untuk melahirkan seorang sosok pemimpin yang mampu memimpin dengan baik. Hal tersebut ia sampaikan dalam sambutan selamat datangnya saat acara Jamuan Makan Malam dan Malam Kesenian bersama Peserta Rakornas KPU Se-Indonesia di Jayasabha, Denpasar, Kamis(19/5).

“Nanti KPU yang punya peran penting dalam menentukan apakah calon pemimpin itu baik atau tidak, jangan sampai KPU salah meloloskan calon pemimpin yang akan di pilih oleh masyarakat,” tegas Pastika yang juga mengungkapkan pengalaman dirinya pernah mengalami hal yang bisa dianggap sebagai kecurangan dalam Pilkada. Oleh karena itu, Pastika sangat mengharapkan agar para anggota KPU mampu untuk melaksanakan tugasnya dengan baik, jujur dan tidak berat sebelah, “Kalau kalian semua mampu bekerja dengan baik saya yakin ke depoan tidak ada lagi kecurangan dalam Pemilu,” imbuh Pastika. Terkait dengan pelaksanaan Rakornas, pastika mengungkapkan rasa terima kasihnya karena telah memilih Bali sebagai lokasi Rakornas dan juga menunjuk KPU Provinsi Bali sebagai pilot project pelaksana Rumah Pintar Pemilu. Dengan rumah pintar pemilu tersebut, Pastika mengharapkan KPU mampu turut serta mencerdaskan rakyat terutama generasi muda, mensukseskan Pemilu dan membangun demokrasi di Indonesia. “Saya sangat bergembira karena program ini dimulai di Bali,” imbuh Pastika. Pastika juga secara khusus mengucapkan terima kasih karena dalam jadwal Rakornas tersebut dijadwalkan akan mengunjungi SMA/SMK Negeri Bali Mandara. Pastika mengharapkan dengan adanya kunjungan tersebut, para peserta rakor tersebut memperoleh inspirasi yang lahir setelah melihat anak – anak miskin yang belajar disana.

Sementara itu Ketua KPU Pusat Husni Kamil Malik menyatakan bahwa penurunan jumlah pemilih yang menyalurkan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pemilu dari tahun ke tahun mendapat perhatian serius dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat. Hal tersebut mendorong pihak KPU meluncurkan Rumah Pintar KPU di sejumlah provinsi maupun kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Rumah pintar pemilu ini bertujuan memberikan gambaran dan informasi terkait sejarah dan mekanisme pelaksanaan Pemilu yang dilengkapi dengan peralatan audio visual dan akan menyasar para pemilih pemula agar mereka memiliki kesadaran menyalurkan hak pilihnya. Lebih lanjut dijelaskan untuk Provinsi Bali, KPU Pusat telah mengembangkan pilot project rumah pintar pemilu tersebut di dua Kabupaten di Bali yaitu Kabupaten Karangasem dan Kabupaten Tabanan. Selain itu juga akan dilaksanakan rakor yang nantinya akan membahas sosialisasi dan pendidikan pemilih dan juga untuk menjaring permasalahan dan hambatan yang dihadapi selama penyelenggaraan pemilu, sebagai bahan perbaikan dan penyempurnaan sistem Pemilu serta pelaksanaan pemilu masa datang.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan cendera mata yang diserahkan langsung oleh Gubernur Made Mangku Pastika dan Ketua KPU Husni Kamil Malik. Acara kemudian dilanjutkan dengan ramah tamah yang diiringi dengan hiburan.

Post Comment