Tanpa Surat Panggilan Gung Omlet Langsung di Ciduk Polisi dan di Jadikan Tersangka

Tanpa Surat Panggilan Gung Omlet Langsung di Ciduk Polisi dan di Jadikan Tersangka

BACABALI.COM, DENPASAR – Aksi unjuk rasa atau penyampaian aspirasi masyarakat kepada DPRD Bali berbuntut panjang karena di sela-sela aksi tersebut ada pengibaran bendera ForBali di bawah bendera Merah Putih. Akan tetapi, banyak tuduhan apabila bendera Negara Indonesia diturunkan dan menggantibdengan bendera ForBALI. Padahal, sangsaka Merah Putih itu diturunkan dan dinaikkan kembali, posisinya Bendera Merah Putih lebih tinggi di atas bendera ForBALI yang berada dalam satu tiang.

Akibat hal itu, kemarin malam Gung Omlet salah satu masyarakat pengunjuk rasa tersebut di jemput paksa oleh pihak kepolisian di tempat kerja nya pada pukul 9 malam tanpa ada pemberitahuan sebelumnya dengan tuduhan merendahkan bendera Negara.

Made Ariel Suardana kuasa hukum Gung Omlet mengatakan “ketika saya tanya Gusti Dharmawijaya alias Gung Omlet apakah saudara melihat surat , dia tidak ditunjukkan , nah apakah surat itu ditunjukkan kepihak hotel ? saya tidak tahu jawabnya, yang jelas Dharmawijaya dihadapan saya tadi mengaku tidak pernah ditunjukkan satupun surat berkaitan dengan statusnya.
Tadi dijelaskan oleh kasubdik bahwa yang bersangkutan langsung ditetapkan sebagai tersangka, pasal yang dikenakan adalah pasal 24a juncto pasal 66 UUD no 24 th 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan dan ancaman maksimal adalah 5 Tahun.
Dalam Undang-Undang ditegaskan barang siapa yang membakar merobek dan seterusnya yg intinya merendahkan martabat bendera itu baru bisa dipidana, tapi kalau niat orang tidak melakukan itu maka tidak bisa dipidana
Makanya saya katakan kemudian apakah karna saya tidak punya tiang lalu saya naikkan bendera itu di bambu misalnya atau di kayu misalnya apakah dapat dikatakan merendahkan ? Nah dan bagaimana dengan misalnya kejadian disalah satu media sosial saya lihat disalah satu Institusi Negara atau dimana itu benderanya terbalik, nah bagaimana ? buat saya penting untuk kita bersama-sama ada persoalan yang bisa kita sederhanakan tanpa kita buat politisir nya berlebihan, itu yang penting buat saya” ucap Made Ariel dengan tegas.(08/09/2016)

Made Ariel masih menunggu apakah Polisi akan menetapkan Gung Omlet sebagai tersangka atau statusnya beralih menjadi tahanan atau akan ditangkap kemudian ditahan akan lihat dulu, agar ia bisa menentukan langkah hukum berikutnya.

Made Ariel Juga Menambahkan “bagi saya yang terpenting adalah bahwa hukum itu memuat 3 hal yang pertama adalah norma hukum itu sendiri, yang kedua adalah keadilan yang ketiga adalah persepsi, hari ini persepsi berkaitan dengan penegakan hukum ini tidak baik, malam harinya diambil, misalny ini persepsi hari raya dimana orang sedang bekerja diambil pada malam hari. (Jeffry).

One thought on “Tanpa Surat Panggilan Gung Omlet Langsung di Ciduk Polisi dan di Jadikan Tersangka

  1. I Wayan Gede Sugiartha · Edit

    Maaf bos tolong koresik kata” menurunkan bendera Indonesia dan menggantinya dengan bendera ForBali”
    Kenyataan do lapangan bendera Indonesia tidak di ganti dengan bendera ForBali… melainkan Bendera Indonesia di turunkan dan di tambah bendera ForBali di bawahnya dan di naiki kembali

    Reply

Post Comment